Cara Mudah Membedakan Kunyit Dan Temulawak



 
kunyit dan temulawak
Dari kiri: kunir/kunyit dan Temulawak

Kunyit dan temulawak adalah tumbuhan yang sering  digunakan untuk membuat jamu atau bumbu masakan. Meski begitu, beberapa orang terutama generasi milenial masih bingung untuk membedakan mana yang kunyit dan mana yang temulawak. Keduanya memiliki bentuk yang sama.

Tidak heran bila kedua bahan utama jamu ini perlu ketelitian khusus. Untungnya, meski dari penampilan sama, sebenarnya kunyit dan temulawak memiliki perbedaan yang bisa dibedakan. Kedua racikan jamu untuk sinom dan kunir asem ini dapat dibedakan bila kita sering menggunakannya untuk memasak atau membuat jamu.

Carannya sebenarnya cukup mudah kawan untuk membedakannya. Bila kita amati dengan seksama, kunyit dan temulawak bisa langsung dibedakan berdasarkan ukuran, jumlah ruas, dan aromanya. Karena kedua komponen utama jamu ini memiliki rasa dan khasiat yang berbeda. Maka penanganannya juga berbeda.

Dari ukuran, kunyit lebih kecil dibanding temulawak yang cenderung lebih besar. Selain itu, saat diiris, warna bagian dalam kunyit berwarna oranye dibanding temulawak yang cenderung berwarna kuning telur. Ruas temulawak juga lebih banyak dan lebat di beberapa sisi. Berbeda dengan kunyit yang lebih minimalis dan lebih memanjang tanpa cabang.

Dan yang menjadi ciri khas dari kedua bahan jamu ini adalah aromanya. Keduanya memiliki aroma yang berbeda disetiap irisannya. Kunyit memiliki aroma yang wangi dan sangat pekat wanginya, sehingga cocok sebagai pewarna alami maupun penambah aroma bagi masakan atau jamu. Sedangkan temulawak lebih beraroma asam dan segar. Sehingga cocok bagi menambah rasa segar dan asam yang menyehatkan pada minuman maupun jamu.

Maka demikian cara mudah membedakan kunyit dan temulawak. Sebenarnya masih ada jenis-jenis tumbuhan yang biasa digunakan untuk membuat jamu. Namun sementara ini dulu yang dibahas. Semoga bermanfaan dan bisa dipraktekkan langsung. Ngomong-ngomong soal jamu, kami bisa melayani pemesanan jamu seperti sinom, kunyit asem, maupun beras kencur.

Sinom Manis Elvarette menyediakan pemesanan jamu sinom, kunir asem, maupun beras kencur baik ukuran botol kecil ukuran 250 ml maupun botol besar 1,5 liter.  Gratis ongkir untuk wilayah Sidoarjo hingga tanggal 14 Juli 2019. 

Untuk Info maupun pemesanan dapat langsung mengklik logo WA yang ada di bawah ini.














Komentar